Skip to main content

assalamualaikum

assalamualaikum
halo temen-temen. lagi ngobrolin apaan?
yaaaaaaaaaaa kali ini rupiah jadi bahan obrolan yang cukup
hangat.

seperti biasanya, ketika telah menyentuh lefel batas psikologis, kita baru rame-rame mikirin gimana supaya tuh dolar bisa direm. kagak lagi meroket mulu. kasihanparaekonom yang mikirin.

satu hal lagi yang membuat wajah pendidikan kita tercorang adalah karena adanya salah satu institusi yang memberikan gelar secara cuma-cuma. namanya IMGI institut manajemen global yang konon menjalin kerja sama dengan salah satu institusi pendidikan di amerika.

di indonesia, ada beberapa tokoh yang kena batunya, tak terkecuali. Bahkan, tokoh sinetron anwar Fuady dituding dan belakangan mengakui bahwa dirinya menerima ijazah dari IMGI. dan sebagai orang timur, ia menerima penghargaan tersebut. karena hanya meminta beberapa lembar foto beserta data riwayat hidup, ijazah dan gelar telah menunggu dikirim.

di semarang sendiri ada beberapa orang yang menerima surat "kaleng" bahwa dirinya berhak untuk mendapatkan gelar. tinggal pilih, Doktor Honoris Causa atau MBA. masing-masing tentunya berbeda harga. Untuk gelar doktor biasanya berkisar antara puluhan juta rupiah. pada kasus yang etrjadi dui semarang pihak IMGI meminta dikirimi beberapa lembar foto, biodata dan pada 27 agustus 2005 siap diwisuda oleh guru bisar dari california di hotel sahid jakarta.
wahhhhhhhhhhhhhhhh enak banget.

Bagi saya, hal ini tak mengherankan, karena sekarang ijazah selembar lebih berharga ketimbang keahlian segudang. tapi, bagi orang yang berjiwa besar dan pantang menyerah. kesempatan akan aia ciptakan. karena ia tak pernah menunggu datangnya kesempatan.

salam damai buat saudaraku di Aceh


juras -Jurang Asmara
Kampus 3 iain walisongo semarang
saudaramu


M. Nasrudin,

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Mukallaf dan Baligh dalam Fikih Islam

Terdapat dua istilah yang seringkali disebut tatkala membincang subjek hukum dalam fikih, yakni mukalaf dan baligh. Kedua istilah ini seringkali dianggap memiliki satu makna yang sama dan bisa saling substitusi. Terkadang seseorang menyebut mukalaf padahal yang dimaksud adalah balig. Ada pula orang lain yang menyebut kata baligh, padahal yang ia maksud adalah mukallaf.

Hal yang cukup menggembirakan adalah, pengetahuan masyarakat tentang baligh sudah cukup baik. Warga di kampung kami, misalnya, umumnya memahami baligh sebagai orang yang sudah dewasa. Pengertian ini tidak salah dan sudah mendekati kebenaran. Dalam pandangan fikih, secara tegas baligh adalah kondisi di mana seseorang sudah mencapai usia dewasa secara biologis.

Titik tekan dalam fikih ini adalah kedewasaan secara biologis yang lazimnya ditandai dengan berfungsinya organ reproduksi secara sempurna. Kesempurnaan ini bisa dilihat dari beberapa tanda fisik dan psikis. Bagi perempuan, ovarium sudah bisa memproduksi sel telur da…

Doa Memulai Pengajian Al-Quran, Ilahana Yassir Lana

Berikut ini adalah doa yang biasa dibaca sebelum memulai mengaji al-Quran. 

Ilaahana yassir lanaa umuuronaaa 2 x
Min diininaaa wa dun-yaanaaa 2 x
Yaa fattaahu yaa aliim 2 x
Iftah quluubanaa 'alaa tilaawatil qur'aan 2 x
Waftah quluubanaa alaa ta'allumil 'uluum 2x

Ringkasan Hasil-hasil Muktamar NU ke-33 di Jombang

بسم الله الرحمن الرحيم
A. KOMISI BAHTSUL MASA`IL DINIYAH WAQI’IYYAH
1. Hukum mengingkari janji bagi pemimpin pemerintahan.Pertanyaan:
1) Bagaimana status hukum janji yang disampaikan oleh pemimpin pada saat pencalonan untuk menjadi pejabat publik, baik eksekutif, legislatif, maupun yudikatif?
2) Bagaimana hukum mengingkari janji-janji tersebut?
3) Bagaimana hukum tidak menaati pemimpin yang tidak menepati janji?
Jawaban:
1) Status janji yang disampaikan oleh calon pemimpin pemerintahan/pejabat publik, baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif, dalam istilah Fiqh, ada yang masuk dalam kategori al-wa’du (memberikan harapan baik) dan ada yang masuk dalam kategori al-‘ahdu (memberi komitmen).
Adapun hukumnya diperinci sebagai berikut:
Apabila janji itu berkaitan dengan tugas jabatannya sebagai pemimpin rakyat, baik yang berkaitan dengan program maupun pengalokasian dana pemerintah, sedang ia menduga kuat bakal mampu merealisasikannya maka hukumnya mubah (boleh).
Sebaliknya, jika ia menduga kuat t…